Jumat, 30 Januari 2015

Makalah Energi Alternatif 2


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sumber energi seperti bahan bakar minyak dan batu bara termasuk kepada sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Tidak terkontrolnya pemakaian terhadap sumber energi konvensional ini dan pemakaian secara berlebihan dapat menyebabkan kelangkaan atau habis sama sekali. Jika ingin memperlama keberadaan sumber energi konvensional tersebut, kita harus mulai menggunakan berbagai jenis energi alternatif.
Sebelum membahas panjang lebar tentang energi alternatif alangkah baiknya jika dalam pembahasan tersebut diketahui tentang definisi dari energi itu sendiri. Energi adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu. Jadi setiap ada benda atau sesuatu yang mampu melakukan sesuatu maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah energi. Sedangkan energi alternatif adalah semua bentuk energi yang digunakan sebagai pengganti dari berbagai energi yang sudah ada dimana energi tersebut dirasakan sudah layak untuk diganti. Ada banyak sekali berbagai macam energi alternatif yang ada di bumi ini.
Semua itu berkat akal dari manusia yang selalu berkembang mengikuti perkembangan waktu. Seandainya saja manusia seperti hewan maka sudah tentu setiap ada perubahan yang terjadi tidak akan sanggup untuk dilewati oleh manusia yang hidup di bumi ini. Selain adanya akal yang dimiliki oleh manusia, alam juga menyediakan berbagai hal yang selalu bisa digunakan oleh semua makhluk hidup yang ada di bumi termasuk manusia. Namun semua itu tidaklah akan mampu bertahan dalam waktu yang lama karena ada hal yang dapat diperbarui namun ada juga yang tidak dapat diperbarui. Oleh sebab itu, setiap orang sekarang mencoba mencari energi alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikan sumber energi yang telah biasa digunakan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencegah terjadinya krisis energi yang diakibatkan oleh berkurangnya bahan yang menjadi sumber energi tersebut.
Alasan lain untuk mencari energi alternatif adalah menjaga kelangsungan hidup untuk semua makhluk yang ada di bumi ini. Maksudnya adalah mencari sumber energi yang ramah terhadap lingkungan. Penggunaan sumber energi yang ada saat ini kebanyakan menggunakan bahan bakar yang membuat alam menjadi rusak. Misalnya saja penggunaan minyak bumi yang sebenranya sangat merusak lingkungan sekitar. Setiap bahan bakar minyak yang digunakan untuk kendaraan atau mesin selalu menyumbang berbagai macam polutan. Tentu saja jika hal tersebut dibiarkan maka akan mencemari udara, air, dan tanah. Terjadinya pencemaran terhadap udara, air dan tanah tentu akan merugikan kita sendiri sebagai manusia yang merupakan salah satu penghuni di bumi ini. Adanya pencemaran udara menyebabkan kita sulit untuk bernafas dan bisa juga terjangkit berbagai penyakit pada sistem pernapasan.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dalam makalah ini kami akan membahas yakni:
1.      Apakah pengertian energi alternatif?
2.      Bagaimana usaha pencarian energi alternatif?
3.      Apa saja jenis  dari energi alternatif tersebut?

C.    Tujuan
Penyusunan makalah ini bertujuan unutk memenuhi tugas mata pelajaran PLH kelas X TPHP SMKN 1 Suruh. Dan selain itu, juga untuk mengetahui definisi dari eneregi akternatif, serta macamnya.

 














BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Energi Alternatif
Dalam rangka untuk mendefinisikan energi alternatif pertama-tama kita harus mendefinisikan apa itu sumber energi alternatif. Sumber energi alternatif adalah sumber energi yang bukan merupakan sumber energi tradisional ( yaitu bahan bakar fosil seperti batubara, minyak dan gas alam). Beberapa kamus misalnya kamus Oxford menempatkan sumber energi alternatif berkorelasi dengan lingkungan dan menyatakan bahwa istilah sumber energi alternatif mengacu pada sumber energi yang tidak merugikan lingkungan.
Ada banyak kontroversi tentang istilah ini dan bahkan saat ini definisi sumber energi alternatif sering dihubungkan dengan dua pendapat yang berbeda. Misalnya energi nuklir dianggap oleh beberapa pihak sebagai sumber energi alternatif sementara pihak lainnya mengatakan bahwa hanya sumber-sumber energi terbarukan yang nyata-nyata merupakan sumber energi alternatif. Situasi yang sama terjadi pada tenaga air karena beberapa pihak berpikir bahwa tenaga air merupakan sumber energi tradisional yang sama dengan bahan bakar fosil.
Untuk keluar dari kontroversi, sedapat mungkin kita menyebutkan kata energi alternatif untuk sumber energi alternatif yang paling umum yaitu energi surya, energi angin dan energi panas bumi. Sumber energi alternatif lain termasuk diantaranya adalah biomassa dan hidrogen.
Energi surya yang berasal dari matahari adalah sumber energi paling berlimpah yang tersedia di planet kita. Industri tenaga surya masih tergantung pada subsidi dan pemanfaatan energi surya masih memiliki masalah intermitten (karena matahari tidak bersinar sepanjang hari). Namun mengingat potensi, pendanaan, dan banyaknya penelitian mengenai energi surya, cukup realistis untuk mengatakan bahwa suatu saat energi surya akan menjadi sumber energi utama di dunia.
Energi angin lebih baik dalam hal persaingan harga jika dibandingkan dengan energi surya, tetapi masih memiliki masalah intermitten sama seperti energi surya. Banyak negara sudah mulai ekspansi energi angin dalam jumlah besar (terutama Cina) dan di tahun-tahun mendatang diperkirakan ladang angin (wind farm) akan berpindah ke lepas pantai karena angin laut lebih kuat dan lebih sering.

Energi geothermal mengacu pada panas yang tersimpan di inti bumi. Energi geothermal tidak seperti matahari dan angin, energi ini tersedia 24-7 namun memiliki biaya pengeboran tinggi, yang berarti bahwa pengembangan energi geothermal menggunakan teknologi saat ini hanya layak di daerah dekat lempeng tektonik. Ini juga menjadi alasan mengapa hanya ada 24 negara di dunia yang memanfaatkan energi panas bumi di saat ini.
Ketiga sumber energi alternatif ini memiliki keunggulan besar dibandingkan bahan bakar fosil tradisional, yaitu karakter mereka yang ramah lingkungan. Pembakaran bahan bakar fosil merupakan penyumbang utama perubahan iklim dan polusi udara. Ini berarti dunia perlu mengganti bahan bakar fosil dengan sumber energi alternatif sesegera mungkin untuk menghindari skenario dampak perubahan iklim yang mengerikan.

B.     Usaha Pencarian Energi Alternatif
Pencarian dalam energi alternatif sudah dicari oleh manusia sejak dulu. Hal tersebut disadari oleh beberapa orang untuk mencari penggantinya yang memang sudah dalam keadaan kurang. Keadaan yang seperti itu menjadikan berbagai kelangkaan terhadap bahan yang dijadikan sebagai sumber energi tersebut.
Tidak hanya dalam waktu-waktu ini pencarian energi alternatif dicari oleh banyak orang. Sudah sejak dulu pencarian terhadap energi alternatif selalu dilakukan oleh semua orang. Sebagaimana pencarian dalam energi alternatif yang ada saat ini namun ada alasan yang hampir sama tetapi berbeda. Jika dulu dalam pencarian energi alternatif alasannya karena keterbatasan sehingga harganya melambung tinggi. Namun sekarang pencarian energi alternatif lebih ditekankan kepada sumber daya alam yang tersedia secara percuma dengan tidak merusak alam yang sudah semakin parah ini.  Salah satu contoh pencarian energi alternatif yang pernah terjadi pada waktu dulu adalah penggunaan batu bara sebagai ganti dari penggunaan kayu. Pada waktu dulu di abad ke sembilanbelas di eropa telah menyadari penggunaan kayu yang telah di atas kewajaran.
Kayu yang ada telah dibabad habis sehingga muncul sebuah wacana untuk mengganti penggunaan kayu sebagai penghangat dan bakar dengan bahan yang lain. Akhirnya ditemukannlah batu bara sebagai pengganti dari penggunaan energi yang berasal dari kayu tersebut. Namun seiring dengan berjalanannya waktu penggunaan batu bara pun mengalami nasib yang sama seperti yang dialami oleh kayu. Batu bara memiliki sifat yang kurang lama terhadap lingkungan sehingga penggunaannya pun dialihkan ke energi alternatif yang lainnya.
Contoh lainya adalah yang terjadi pada minyak ikan paus. Pada waktu dulu, teknologi penerangan masih belum menggunakan seperti yang ada pada waktu saat ini. Untuk saat ini kita patut bersyukur karena tidak perlu repot-repot ketika membutuhkan sebuah penerangan. Cukup dengan menekan tombol saklar yang ada di dinding maka semua bisa nyala dengan terang benderang. Penggunaan minyak ikan paus pun kian lama kian tergerus oleh perubahan waktu. Pencariaan akan ikan paus yang semakin langka membuat harga minyak ikan paus melambung dengan drastis. Alhasil, masyarakat tidak mampu lagi untuk membeli maka dicarilah energi alternatif yang lain untuk digunakan sebagai sebuah penerangan.
Sekarang ini pun pencarian energi alternatif juga masih terus berlanjut. Pencarian dalam energi alternatif untuk saat ini difokuskan pada sumber energi alternatif yang tersedia dalam jumlah yang banyak dan dapat diperbarui sendiri oleh alam secara langsung. Salah satunya adalah pemanfaatan energi panas yang dihasilkan oleh bumi atau matahari. Seperti yang diketahui bersama bahwa kedua sumber energi tersebut tersedia di alam dalam jumlah yang banyak dan untuk mendapatkannya juga sangat mudah. Pemanfaatan energi yang seperti itu juga memiliki efek positif dibandingkan dengan penggunaan bahan atau sumber energi yang ada pada waktu dulu. Pada waktu dulu penggunaan sumber energi selalu menghasilkan limbah yang mencemari sumber kehidupan baik manusia maupun hewan dan tumbuhan. Namun sekarang semuanya telah berubah
Meskipun kita sebagai manusia memanfaatkan energi untuk kebutuhan sehari-hari tetapi tetap memikirkan keberlangsungan kehidupan seluruh makhluk hidup lainnya. Manusia sadar bahwa penggunaan teknologi yang tidak ramah lingkungan akan menghancurkan kehidupan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, pencarian energi alternatif ini akan terus berkembang selama beberapa hal yang mendukungnya masih belum terpenuhi.

C.    Jenis-Jenis Energi Alternatif
1.      Matahari

Dengan menggunakan solar panel, maka sinar matahari dapat disimpan dan diubah menjadi sebuah sumber energi baru. Sumber energi matahari dapat digunakan untuk untuk pemanas air, kalkulator bahkan mobil bertenaga surya. Semua itu bisa dimanfaatkan oleh manusia dengan baik. Energi matahari juga memiliki keunggulan yaitu ketersediaannya yang sangat banyak atau melimpah.

2.      Air 
Air sudah lama dimanfaatkan menjadi sebuah sumber energi. PLTA salah satu contoh pemanfaatan air menjadi sebuah sumber energi. Kekuatan aliran air bisa menggerakkan turbin. Hasil kekuatan aliran air tersebut bisa menghasilkan energi listrik.

3.      Angin
Gerakan angin dapat menghasilkan energi kinetik. Energi kinetik inilah yang kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin. Negara Belanda sudah lama memanfaatkan angin sebagai sebuah sember energi. Pemanfaatan energi angin yang melimpah ruah ini meruapakan langkah yang baik dalam pemenuhan kebuthan energi listrik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas.

4.      Gelombang Permukaan Laut atau Ombak
Di Yogyakarta sudah ada PLTO (Pembangkit Listrik Tenaga Ombak). Sama seperti pemanfaatan air dan angin sebagai sumber energi, gerakan ombak dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang kemudian digunakan untuk membangkit tenaga listrik.

5.      Bio Energi

Sumber energi yang berasal dari tanaman, seperti tanaman jarak. Tanaman ini diolah untuk diambil minyaknya. Bio solar adalah salah satu hasil sumber energi dari tamanan jarak.

6.      Bio Gas
Sampah organik juga bisa dimanfaatkan sebagai sebuah sumber energi alternatif. Sampah organik diolah untuk dijadikan gas methan. Maksud dari diolah di sini adalah sampah yang mengandung bahan organik diuraikan oleh bakteri anaerobik, sehingga menghasilkan gas methan. Proses ini bisa terjadi secara alamiah, seperti ledakan gas di tempat pembuangan sampah, Lewi Gajah, Kabupaten Bandung.
7.      Panas Bumi
Kekayaan Indonesia akan sumber panas bumi, bisa juga digunakan sebagai sumber energi. Energi panas dalam dapur magma dapat diubah menjadi energi listrik. Berdasarkan jenis-jenis energi alternatif di atas, energi alternatif dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu energi alternatif untuk pembangkit tenaga listrik dan energi alternatif pengganti minyak bumi. Semuanya tidak lain adalah untuk kesejahteran dan keberlangsungan kehidupan umat manusia di muka bumi ini.























BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Energi alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Umumnya, istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change. Selama beberapa tahun, apa yang sebenarnya dimaksud sebagai energi alternatif telah berubah akibat banyaknya pilihan energi yang bisa dipilih yang tujuan yang berbeda dalam penggunaannya.
Istilah "alternatif" merujuk kepada suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Teknologi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil.

B.     Saran
Demikian makalah ini kami susun, semoga dapat memberikan wawasan dan tambahan ilmu pengetahuan tentang bagaimana pemanfaatan energi alternatif. Jika ada kekeliruan baik itu dalam isi maupun kata – kata, kami siap untuk menerima kritikan dan saran yang bersifat membangun, demi kelancaran penyusunan tugas di kemudian hari.









DAFTAR PUSTAKA

http://www.miung.com/2013/06/macam-macam-energi-alternatif-contoh.html
@copyright mamaNET5758 Karangan - Trenggalek


Tidak ada komentar:

Posting Komentar